Friday, June 16, 2017

PT Purione Megatama Unit Pengolahan Air Siap Minum

Unit Pengolahan Air Siap Minum
Berdasarkan data ststistik 1995, prosentasi banyaknya rumah tangga dan sumber air minum yang digunakan di berbagai daerah di Indonesia sangat bervariasi tergantung dari kondisi geografisnya. Secara nasional yakni sebagai berikut : Yang menggunakan air pam 16,08%, air tanah dengan memakai pompa 11,61 %, air sumur 49,92 %, mata air 13,92 %, air sungai 4,91 %, air hujan 2,62 % dan lainnya 0,80 %.

Permasalahan yang timbul yakni sering dijumpai bahwa kualitas air tanah maupun air sungai yang digunakan masyarakat kurang memenuhi syarat sebagai air minum yang sehat bahkan di beberapa tempat bahkan tidak layak untuk diminum. Air yang layak diminum, mempunyai standar persyaratan tertentu yakni persyaratan fisis, kimiawi dan bakteriologis, dan syarat tersebut merupakan satu kesatuan. Jadi jika ada satu saja parameter yang tidak memenuhi syarat maka air tesebut tidak layak untuk diminum.

Untuk daerah kawasan pemukiman yang telah dibangun di daerah yang kualitas air tanahnya buruk, serta belum mendapatkan pelayanan air bersih dari PAM setempat maka masyarakat terpaksa memenuhi kebutuhan air minum mereka dengan cara membeli air minum kemasan dengan harga yang mahal. Untuk menanggulangi masalah tersebut, salah satu alternatif yakni dengan cara mengolah air tanah atau air sumur sehingga didapatkan air siap minum dengan kualitas yang memenuhi syarat kesehatan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas, yakni dengan cara mengembangkan dan memasyarakatkan paket teknologi untuk mengolah air sumur atau air PAM menjadi air yang dapat langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. Unit alat tersebut terdiri dari antara lain : pompa air baku, pressure filter tank, filter mangan zeolit, filter karbon aktif, cartridge filter, sterilisator ultra violet dan ozon generator.

Proses Pengolahan
Untuk mengolah air sumur menjadi air yang siap minum, proses pengolahannya adalah sebagai berikut : Air dari sumur atau air yang berasal dari PAM dipompa dengan menggunakan pompa jet, sambil diinjeksi melalui dosing pump dengan larutan kaporit atau kalium permanganat, lalu dialirkan ke tangki penampungan awal.

Dari tangki penampungan awal, air dialirkan ke saringan pasir cepat untuk menyaring oksida besi atau oksida mangan yang terbentuk di dalam tangki reaktor. Setelah disaring dengan saringan pasir, air dialirkan ke filter mangan zeolit. Filter mangan zeolit berfungsi untuk menghilangkan zat besi atau mangan yang belum sempat teroksidasi oleh khlorine atau kaporit. Dari filter mangan zeolit air selanjutnya dialirkan ke filter karbon aktif untuk menghilangkan polutan mikro misalnya zat organik, deterjen, bau, senyawa phenol, logam berat dan lain-lain. Setelah melalui filter karbon aktif air dialirkan ke filter cartrige ukuran 5 mikron untuk menghilangkan sisa partikel padatan yang ada di dalam air, sehingga air menjadi benar-benar jernih.

Selanjutnya air dialirkan ke sterilisator ultra violet agar seluruh bakteri atau mikroorganisme yang ada di dalam air dapat dibunuh secara sempurna. Untuk lebih aman lagi bisa dilengkapi dengan ozon generator yang diinjeksikan setelah filter cartridge. Air yang keluar dari sterilsator ozon dan ultra violet merupakan air hasil olahan yang dapat langsung diminum.

Aplikasi
Dari uraian tersebut diatas dapat dilihat bahwa untuk mengolah air tanah atau air sumber menjadi air yang siap minum dapat dilakukan dengan proses yang sederhana dengan kombinasi proses oksidasi dengan kalium permanganat atau khlorine, penyaringan dengan filter pasir, filter mangan zeolit dan karbon aktif dan dilengkapi dengan sistem disinfeksi dengan menggunakan UV sterilisator dan injeksi dengan ozon.

Unit alat pengolahan air siap minum tersebut sangat berpotensi sebagai usaha industri kecil pengisian kembali air kemasan galon karena biaya produksinya sangat rendah dan untuk daerah yang sulit air hal tersebut sangat berpotensi ekonomis yang tinggi. Unit alat alat pengolahan air siap minum ini sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan misalnya : asrama, pesantren, pemukiman padat penduduk, daerah pemukiman yang kualitas air tanahnya jelek, dll.



Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Unit Pengolahan Air Siap Minum. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Unit Pengolahan Air Siap Minum
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :