Tuesday, June 20, 2017

PT Purione Megatama Sand Filter

Sand Filter
Salah satu proses pengolahan air yaitu menggunakan Sand Filter (filter pasir). Sistem filtrasi Sand Filter menggunakan media silica sand atau pasir silika yang diletakkan di atas media gravel. Sistem Sand Filter berfungsi untuk menyaring dan menghilangkan kotoran yang kasat mata misalnya: kekeruhan, lumut, dll. Biasanya media Sand Filter mempunyai daya saring 20-30µ(micron). Daya saring juga tergantung brand/jenis media sand filter itu sendiri. Biasanya media ini mempunyai umur 1-2 tahun (tergantung influent).

Umum yang banyak digunakan, Sand Filter terdiri atas 3 tipe:
  • Rapid Sand Filter
  • Upflow Sand Filter
  • Slow Sand Filter
Rapid Sand Filter
Rapid Sand Filter pertama kali didesign oleh oleh George W. Fuller di Little Falls, New Jersey Amerika pada tahun 1920 an. Design ini banyak digunakan di sistem pengolahan air pemerintah Amerika diberbagai tempat sejak kesuksesannya di tahun tersebut, karena design ini tidak membutuhkan tempat yang luas dibandingkan slow sand filter. Rapid Sand Filter menggunakan pasir dan media granular lainnya (seperti gravel atau anthracite) untuk menghilangkan partikel pengotor dalam air yang sudah membentuk floc setelah penambahan coagulant (contohnya PAC-Poly Aluminium Chloride). Pengoperasian Rapid Sand Filter dapat memanfaatkan gaya gravitasi atau pompa tekanan. Prosesnya sebagai berikut : air yang akan difilter akan melewati Rapid Sand Filter dari atas atau samping atas connection in (masuk) karena adanya gaya gravitasi atau pemberian tekanan, kemudian material floc akan terperangkap di permukaan media pasir. Air yang sudah difilter tersebut akan keluar melalui connection out (keluar). Adapun untuk membersihkan material floc yang terperangkap, dilakukan backwash atau mengalirkan air secara berkebalikan dari bawah ke atas.
Proses Filtering Sand Filter
Proses Filtering Sand Filter
Proses Backwash Sand Filter
Proses Backwash Sand Filter
Upflow Sand Filters
Pada proses Upflow Sand Filter, air yang akan difilter (influent) akan masuk dari atas ke tempat penampungan di bagian bawah filter dan mengalir ke atas (upflow) melalui media pasir. Material floc akan terperangkap di media pasir dan filtrate (air bersih yang difilter) akan keluar mengalir keatas permukaan media pasir (lihat gambar dibawah). Selanjutnya media pasir yang mengandung material floc akan mengalir kebawah melalui pipa airlift menuju washbox chamber (ruang pencuci) bagian atas, pasir yang sudah bersih dari material floc akan didistribusikan kembali kedalam dan pengotor (material floc) dikeluarkan ke pipa reject.

Upflow Sand Filter
Upflow Sand Filter
Kelebihan Upflow Sand Filter adalah single media (pasir), secara continue pengoperasiannya atau tidak terganggu karena proses backwash, konsumsi listrik yang rendah, membutuhkan tekanan yang rendah dibanding rapid sand filter, dan menghasilkan kapasitas air yang lebih besar.

Slow Sand Filter
Slow Sand Filter
Slow Sand Filter dapat mereduksi jumlah bakteri patogen, kekeruhan, bau, rasa, dan senyawa organik lainnya. Kelebihan dari tipe ini adalah minimnya masalah yang disebabkan oleh lumpur, tidak dibutuhkan supervisi yang intens, dan biaya operasional serta pemeliharaan yang murah.

Tabel berikut adalah perbandingan antara Rapid Sand Filter dengan Slow Sand Filter terkait dengan keunggulan dan aplikasinya.
Perbandingan Rapid Sand Filter dan Slow Sand Filter
Seperti dijelaskan di atas, ada sejumlah variabel yang harus dipertimbangkan dalam merancang sistem penyaringan dan memilih Sand Filter terbaik untuk aplikasi pengolahan air. PT Purione Megatama memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk membantu merancang sistem pengolahan air. Hubungi kami untuk informasi tambahan.



Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Sand Filter. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Sand Filter
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :