Saturday, June 3, 2017

PT Purione Megatama Pompa Dosing Kimia

Pompa Dosing Kimia
Pompa Dosing Kimia atau Pompa Injeksi Kimia atau disebut juga Dosing Pump adalah pompa yang digunakan untuk mencampur suatu larutan kimia tertentu (bisa apa saja tergantung dari aplikasi pengguna) ke dalam dalam suatu cairan (umumnya air). Injeksi tersebut bisa dilakukan dalam sistem tertutup (closed system) atau sistem yang terbuka terhadap udara sekitar (open to atmosphere). Untuk aplikasi pada sistem tertutup biasanya perlu menggunakan pompa injeksi yang bertekanan tinggi sedangkan untuk yang sistem terbuka tidak perlu menggunakan pompa injeksi kimia bertekanan tinggi. Pompa Injeksi Kimia biasanya memiliki pengaturan debit cairan yang hendak diinjeksi sehingga pengunaannya sangat akurat. Biasanya Chemical Dosing Pump merupakan tipe positive displacement pump dan tipe umum dari Pompa Dosing Kimia adalah piston, plunger dan diaphragm.

Cara Kerja Pompa Dosing Kimia
Cara Kerja Pompa Dosing Kimia
Ada banyak merk pompa dosing yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi yang diperlukan. Salah satunya adalah Dosing Pump Milton Roy, Chemical Dosing Pump terbaik di dunia saat ini, dengan berbagai model, type dan spesifikasi. Merk akan menentukan kualitas Pompa Dosing Kimia dan menentukan bagaimana cara kerja sebuah pompa dosing tetapi secara umum cara kerja pompa ini adalah menarik cairan kimia dengan jumlah tertentu kemudian menginjeksikannya ke pelarut dengan takaran tertentu. Pelarut yang digunakan bisa berupa air, gas, atau uap panas.

Untuk lebih jelasnya, PT Purione Megatama mencoba memberikan penjelasan sederhana mengenai cara kerja Pompa Dosing Kimia berikut ini :
1. Komponen pompa dosing yang paling dasar adalah katup yang menyedot cairan kimia dari tangki bahan kimia yang akan disedot, pemompa, dan injector.
2. Katup yang digunakan adalah katup satu arah yang diberi pemberat agar tetap berada di bagian dasar tangki cairan kimia yang akan dipompa. Beberapa merk menambahkan float switch yang fungsinya sebagai alarm apabila cairan kimianya sudah habis.
3. Terhubung dengan katup adalah pompanya yang menggunakan bahan material plastik tahan bahan kimia seperti PVC, PE, atau stainless steel.
4. Kemudian cairan yang sudah dipompa dari tangki akan disemprotkan ke cairan pelarut yang mengalir dengan takaran tertentu. Setelah katup injeksi menyemprotkan bahan kimia dalam jumlah tertentu secara otomatis pompa akan berhenti memompa. Teknologi yang digunakan saat ini adalah katup yang bisa menyemprotkan cairan di tengah-tengah arus pelarut agar tidak menyebabkan korosi pada dinding-dinding saluran, sehingga cairan akan langsung terlarut.

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Dosing Pump
Jenis Bahan Kimia dan Konsentrasi
Pompa dengan material tertentu dapat bekerja dengan baik untuk satu bahan kimia namun belum tentu untuk bahan kimia lainnya. Begitu pula dengan konsentrasi, karena bisa saja pada konsentrasi rendah pompa dengan material tertentu dapat bekerja baik namun tidak pada konsentrasi bahan kimia yang lebih tinggi.

Output Bahan Kimia
Hal ini akan mempengaruhi rentang kapasitas pemompaan, apakah pada rentang 70-80% atau memerlukan rentang yang lebih lebar dengan kapasitas pemompaan yang lebih kecil.

Besarnya Tekanan
Hal ini diperlukan untuk menghindari terlalu rendah maupun terlalu tingginya kemampuan tekanan pompa relatif terhadap jalur pengoperasian pompa

Mode Pengendalian Pompa
Apakah anda memerlukan pompa yang dikendalikan secara manual, digital, atau input analog

Lokasi Penyimpanan Pompa
Jangan lupa memperhatikan bahwa bahan kimia tertentu tidak boleh terkena sinar matahari maupun air secara langsung. Sangatlah baik apabila menyediakan rumah pompa atau semacam pelindung agar pompa tidak terekspos langsung dengan lingkungan

Kekentalan Cairan Kimia
Berbicara mengenai kekentalan cairan (viskositas) tidak hanya penting dari segi jenis pompa yang digunakan, akan tetapi penting juga memperhatikan temperatur udara sekitar karena viskositas dapat berubah seiring dengan perubahan temperatur.




Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Pompa Dosing Kimia. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Pompa Dosing Kimia
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :