Sunday, June 11, 2017

PT Purione Megatama Media Filter Pasir Silika

Media Filter Pasir Silika
Air merupakan elemen penting dalam kehidupan makhluk hidup khususnya manusia, untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka ketersediaan air yang bersih dan layak mutlak adanya. Untuk mengurangi tingkat pencemaran air yang akan digunakan, maka perlu dilakukan pengolahan terhadap air tersebut. Salah satunya dengan model filtrasi menggunakan media filter Pasir Silika. Pada proses filtrasi terjadi pemisahan padatan/koloid yang terlarut dalam air. Semakin tebal media filter yang digunakan maka efektifitas saringan semakin tinggi. Hal tersebut terbukti air yang disaring dengan Pasir Silika tebal 60 cm lebih bagus dibandingkan dengan air yang disaring dengan tebal pasir 20 cm dan 40 cm. Kadar Fe dapat diturunkan dari 2,1 mg/l hingga 0,1 mg/l, kadar lumpur tersuspensi bisa diturunkan dari 1.070 mg/l hingga 5 mg/l, dan kadar pH dapat ditingkatkan dari pH=6,5 menjadi pH=7,2.

Kandungan Pasir Silika
Pasir Silika (Silica Sand) juga dikenal dengan nama Pasir Kuarsa (Quartz Sand) merupakan hasil pelapukan batuan yang mengandung mineral utama, seperti kuarsa dan feldspar. Hasil pelapukan kemudian tercuci dan terbawa oleh air atau angin yang terendapkan di tepi-tepi sungai, danau, atau laut. Pasir silika adalah bahan galian yang terdiri atas kristal-kristal silika (SiO2) dan mengandung senyawa pengotor yang terbawa selama proses pengendapan. Pasir Silika mempunyai komposisi gabungan dari SiO2, Fe2O3, Al2O3, TiO2, CaO, MgO, dan K2O, berwarna putih bening atau warna lain tergantung pada senyawa pengotornya.

Kegunaan Pasir Silika
Proses pengolahan Pasir Kuarsa tergantung kepada kegunaan serta persyaratan yang dibutuhkan, baik sebagai bahan baku maupun untuk langsung digunakan. Untuk memperoleh spesifikasi yang dibutuhkan, dilakukan upaya pencucian hingga bersih guna menghilangkan senyawa-senyawa pengotor yang ada. Dalam kegiatan industri, penggunaan Pasir Silika sudah berkembang luas, baik digunakan secara langsung sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Pengaplikasian sebagai bahan baku utama, misalnya digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik, bahan baku fero silikon, silikon carbide, bahan abrasit (ampelas dan sand blasting). Sedangkan sebagai bahan ikutan, misal dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api (refraktori), dan lain sebagainya. Pasir Silika juga sering digunakan untuk pengolahan air kotor menjadi air bersih. Fungsi ini baik untuk menghilangkan sifat fisiknya, seperti kekeruhan, atau lumpur dan bau. Pasir Silika umumnya digunakan sebagai saringan pada tahap awal.

Pasir Silika

Hasil Filtrerisasi Setelah Menggunakan Media Filter Pasir Silika :
- Air yang disaring dengan menggunakan media filter pasir silika , akan menurunkan kadar Fe
- Kadar lumpur dan bahan tersuspensi yang terlarut dalam air, akan berkurang
- Setelah dilakukan penyaringan dengan pasir silika, maka kadar pH pada air akan naik



Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Media Filter Pasir Silika. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Media Filter Pasir Silika
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :