Monday, June 19, 2017

PT Purione Megatama Filter Karbon Aktif

Filter Karbon Aktif
Filter Karbon Aktif umumnya digunakan dalam proses menghilangkan senyawa organik atau membebaskan klorin dari air pada proses pengolahan air. Pada proses pengolahan air, Carbon Filter tidak mampu menghilangkan setiap jenis kontaminan yang mungkin terjadi misalnya, sodium, mikroba, fluorida, dan nitrat tidak bisa dilepas dengan filtrasi karbon aktif. Pelunakan air juga tidak bisa menggunakan metode Karbon Filter Air.

Media Filter Karbon Aktif
Ada banyak jenis filter karbon aktif yang tersedia untuk sistem filtrasi. Karbon Aktif dapat menunjukkan karakteristik kinerja yang bervariasi tergantung pada bahan materialnya (misalnya batubara bituminous atau antrasit, tempurung kelapa) dan cara pembuatannya. Metode yang digunakan untuk menciptakan berbagai bahan Karbon Aktif sangat bervariasi dan menghasilkan perbedaan yang jelas di berbagai media yang tersedia. PT Purione Megatama dapat menentukan metode filtrasi berteknologi tinggi untuk mengidentifikasi kontaminasi dan tingkat kemurnian yang dibutuhkan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menyesuaikan Filter Karbon Aktif yang benar dengan kebutuhan khusus. Hal ini bertujuan untuk mencapai penyaringan yang paling efisien dan interval penggunaan yang lama dalam proses pengolahan air.

Media Filter Karbon Aktif
Media Filter Karbon Aktif

Karbon Aktif dari tempurung kelapa dan batubara (antrasit atau bituminous) keduanya merupakan sumber organik karbon aktif . Proses pembuatan Karbon Aktif umumnya hanya menyisakan sekitar 30% massa organik yang utuh dan menghilangkan molekul organik berat. Sebelum digunakan untuk pengolahan air, massa organik kemudian harus diaktifkan. Proses aktivasi akan membuka sejumlah besar karbon pori-pori dan mendorong lebih jauh molekul yang tidak diinginkan.

Ada dua metode utama aktivasi Karbon Aktif, yaitu :
1. Aktivasi Uap - Aktivasi uap dilakukan dengan menggunakan uap pada suhu antara 800°C dan 1000°C. Karbon yang diaktifkan oleh uap umumnya memiliki struktur pori-pori halus.

2. Aktivasi Kimia - Dengan aktivasi kimia, karbon pertama-tama diisi dengan zat dehidrasi yang kuat, biasanya berbentuk pasta asam fosfat (P2O5) atau seng klorida (ZnCl2). Kemudian dipanaskan sampai suhu antara 500°C dan 800°C untuk mengaktifkan karbon. Aktivasi kimia menghasilkan karbon aktif dengan struktur pori yang sangat terbuka, sehingga lebih sesuai untuk menyerap molekul besar.

Cara Kerja Filter Karbon Aktif
Pengolahan air karbon aktif pada dasarnya digunakan untuk dua tujuan pengolahan air dan masing-masing bekerja dengan cara yang sangat berbeda.
1. Chlorine Removal
Karbon Aktif dapat digunakan untuk menghilangkan klorin dengan sedikit degradasi atau kerusakan pada karbon. Deklorinasi terjadi dengan cepat dan laju alir biasanya tinggi. Namun, proses ini memerlukan jumlah luas permukaan yang luas, dan organik di dalam air pada akhirnya akan mengisi dan menghalangi pori-pori karbon. Pada akhirnya, media filter Karbon Aktif perlu diganti karena kemampuannya secara perlahan akan menurun. Karbon bekas dapat diaktifkan kembali, namun filter yang diaktifkan kembali hanya boleh digunakan dalam aplikasi pengolahan air limbah. Salah satu keuntungan menggunakan Karbon Aktif adalah biaya operasi yang rendah. Salah satu kelemahannya adalah karena klorin dikeluarkan dari lapisan paling atas media, sehingga terjadi pertumbuhan dan perkembangan bakteri, dimana bakteri dapat menyebabkan masalah pada aplikasi medis.

2. Menghilangkan Bahan Organik
Saat air melewati Carbon Filter, partikel organik dan bahan kimia terperangkap di dalam melalui proses yang dikenal dengan nama adsorpsi. Proses adsorpsi bergantung pada 5 faktor utama :
  • sifat fisik karbon aktif (luas permukaan dan distribusi ukuran pori)
  • susunan kimia dari sumber karbon (jumlah hidrogen dan oksigen)
  • susunan kimiawi dan konsentrasi kontaminan
  • pH dan suhu air
  • waktu kontak filter karbon aktif
Seperti dijelaskan di atas, ada sejumlah variabel yang harus dipertimbangkan dalam merancang sistem penyaringan dan memilih Karbon Aktif terbaik untuk aplikasi pengolahan air. PT Purione Megatama memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk membantu merancang sistem semacam itu. Hubungi kami untuk informasi tambahan.



Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Filter Karbon Aktif. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Filter Karbon Aktif
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :