Sunday, February 12, 2017

PT Purione Megatama Unit Air Baku Sarana Pengolahan Air

Unit Air Baku adalah sarana dan prasarana pengambilan dan atau penyedia air baku, meliputi bangunan penampungan air, bangunan pengambilan atau penyadapan, alat pengukur, dan peralatan pemantauan, sistem pemompaan, dan atau bangunan sarana pembawa serta perlengkapannya. PT Purione Megatama akan memberikan gambaran umum tentang kualitas visual infrastruktur unit air baku dengan sumber air baku dari air permukaan dan mata air. Komponen unit air baku yang disajikan meliputi Bangunan Pengambilan Air Baku (Intake), Bangunan Perlindungan Mata Air (Broncaptering), Mekanikal Elektrikal (Pintu Sampah/Bar Screen, Pintu Air, Pompa Air Baku, Genset, Peralatan Elektrikal), Pipa Transmisi, Flow Meter dan Aksesoris.

1. Bangunan Pengambilan Air Baku (Intake)
Bangunan Pengambilan Air Baku (Intake)
Konstruksi pondasi bangunan pengambilan air baku (intake) harus kokoh dan memenuhi standar teknis untuk menahan beban di atasnya serta kemungkinan adanya perubahan-perubahan kapasitas sumber air baku dan perubahan arus aliran, gaya guling, gaya geser, rembesan, gempa dan gaya angkat air (up lift).

Jalan Akses ke Intake
Konstruksi bangunan menuju lokasi intake berupa tangga besi dilengkapi dengan pengaman kiri dan kanan yang mempermudah akses untuk melakukan inspeksi, operasi dan pemeliharaan. Jalur menuju intake juga dilengkapi dengan lampu penerangan sehingga kegiatan inspeksi, operasi dan pemeliharaan bisa dilakukan malam hari.

2. Bangunan Perlindungan Mata Air (Broncaptering)
Broncaptering
Konstruksi Bangunan Perlindungan Mata Air (Broncaptering) baik dan kokoh, serta dilengkapi dengan dinding turap, lubang pemeriksa (manhole), dan pipa udara (vent), serta terlindungi dari aktivitas masyarakat di sekitar Broncaptering.

3. Bar Screen
Bar Screen
Bangunan pengambilan air baku perlu dilengkapi dengan Bar Screen. Fungsi dari Bar Screen adalah melindungi struktur hilir terhadap benda-benda besar yang bisa merusak bangunan dan peralatan serta benda besar tidak masuk ke bangunan pengolahan. Bar Screen dipasang berlapis agar fungsi penyaringan terhadap sampah/benda-benda akan lebih efektif.

4. Pintu Air
Pintu Air
Pintu Air harus memiliki konstruksi yang baik serta dilengkapi dengan alat kendali pembuka/penutup secara mekanik.

5. Pompa
Pompa
Pompa diletakkan dalam ruangan khusus dan konstruksi perletakan pompa terbuat dari beton. Sistem pengkabelan pompa air baku baik dan rapi, serta memiliki jalur yang teratur.

6. Peralatan Elektrikal
Peralatan Elektrikal
Peralatan Elektrikal yaitu panel kontrol disimpan di dalam ruangan khusus dan sistem pengkabelan rapi.

7. Pipa Transmisi
Pipa Transmisi
Pipa Transmisi yang dipasang sebagai jembatan pipa ini dilengkapi dengan dudukan, pengikat/penyangga, dan katup udara (air valve), serta pengaman agar tidak dilalui orang yang tidak berkepentingan.

8. Flow Meter
Flow Meter
Flow Meter tipe Flap ini tidak mudah rusak akibat kotoran yang terbawa air baku.

9. Accessories
Accessories
Pemasangan pipa transmisi baik karena dilengkapi dengan penyangga pipa yang berfungsi sebagai pengikat pipa dan aksesoris yaitu katup pelepas udara (air release valve) sebelum dialirkan ke unit pengolahan. Katup dipasang di sisi atas sehingga memudahkan petugas dalam pengoperasian.



Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Unit Air Baku Sarana Pengolahan Air. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Unit Air Baku Sarana Pengolahan Air
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :