Sunday, February 5, 2017

PT Purione Megatama Sistem Pengolahan Air Terintegrasi Pada Perumahan

Sistem Pengolahan Air Terintegrasi Pada Perumahan
Water Treatment Plant (WTP) merupakan sebuah sistem yang difungsikan untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) yang kurang bagus, agar menghasilkan kualitas air pengolahan (effluent) standar mutu yang siap untuk dikonsumsi. WTP dalam bahasa indonesia dikenal dengan singkatan Instalasi Pengolahan Air (IPA). WTP biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan air pada berbagai sektor industri, seperti pabrik tekstil, makanan dan minuman, kertas, hingga di bidang kesehatan seperti rumah sakit.

Tak hanya itu, kini sistem tersebut juga dipakai oleh sektor bangunan komersial seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perumahan. Sumber air yang akan diolah diambil dari berbagai sumber diantaranya sungai, danau, dan sumur yang memiliki tingkat kedalaman sesuai standar. Tak jarang, air laut dan sumur dangkal juga digunakan sebagai sumbernya. Untuk memproses air kualitas rendah menjadi air bersih diperlukan beberapa tahapan yang harus dilalui. Dimulai dari pengambilan air pada sumber atau raw water, pre-sedimentasi basin, koagulasi, flokulasi, sediment basin, filtrasi, netralisasi, clear water tank, dan berakhir di distribution tank. Tahapan-tahapan tersebut bergantung pada kualitas air yang akan diolah, dan kualitas hasil yang hendak dicapai.

Berikut adalah contoh beberapa perumahan yang telah memakai Sistem Pengolahan Air Terintegrasi :
woodland park residence
1. Woodland Park Residence, Jakarta
Sumber air yang ada di masing-masing unit juga merupakan hasil dari pengolahan sistem WTP bersertifikat Sucofindo. Jadi, air sungai ciliwung yang berada di sisi belakang apartemen, diolah menjadi air bersih yang siap dikonsumsi untuk kebutuhan penghuni sehari-hari.

Bumi Citeureup Asri
2. Bumi Citeureup Asri, Bogor
Perumahan bersubsidi yang berada di Citeureup, Bogor, ini terintegrasi dengan sistem Water Treatment Plant sebagai sumber air utamanya. Hal ini dikarenakan kondisi air tanah di lingkungan perumahan Bumi Citeureup Asri banyak mengandung zat besi, sehingga membuat warna pada air menjadi kuning-kecokelatan, bahkan seringkali menimbulkan bau tak sedap. Untuk itu, pengembang mengolah air dari Sungai Cileungsi yang kurang bagus, agar bisa memberikan kualitas air bersih kepada penghuni. Akan tetapi air bersih yang dihasilkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, melainkan hanya untuk kegiatan MCK saja.

Green Lake City
3. Green Lake City, Jakarta
Perumahan milik Agung Sedayu Group, Green Lake City, juga menggunakan Water Treatment Plant guna mencukupi kebutuhan air tiap penghuninya. Air hasil olahan ini bisa langsung diminum dan dimasak. Mengingat, kondisi air di kawasan Duri Kosambi terbilang kurang bagus untuk dikonsumsi langsung.



Share :

Posted by : PT PURIONE MEGATAMA | Water Purification Equipment

PT Purione Megatama Tentang PT PURIONE MEGATAMA

PT PURIONE MEGATAMA adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan air minum

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, pada judul : Sistem Pengolahan Air Terintegrasi Pada Perumahan. Jika ada pertanyaan, informasi produk dan harga, dapat menghubungi kami di No.Telp (021) 29553626 atau 082295308838 (Fast Response) atau Email ke : purione.megatama@gmail.com

Title : Sistem Pengolahan Air Terintegrasi Pada Perumahan
Rating Value : 4, Best Rating : 5
Reviewed by : , Date Published :